KONSEP DAN ALIRAN KOPERASI

Konsep dan Aliran Koperasi

PengertianKoperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

● Konsep Koperasi.

● Konsep Koperasi Barat.

● Konsep Koperasi Sosialis.

● Konsep Koperasi Negara Berkembang.

1.      Konsep Koperasi Barat Koperasi merupakan organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan, dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi  maupun perusahaan koperasi.

2.      Konsep Koperasi SosialisKoperasi direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi, untuk menunjang perencanaan nasional. Menurut konsep ini, koperasi tidak berdiri sendiri tetapi merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan-tujuan sistem sosialis-komunis.

3.      Konsep Koperasi Negara BerkembangKoperasi sudah berkembang dengan ciri tersendiri, yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya. Perbedaan dengan Konsep Sosialis :

Konsep Sosialis : tujuan koperasi untuk merasionalkan faktor produksi dari kepemilikan probadi ke pemilikan kolektif.

Konsep Negara Berkembang : tujuan koperasi adalah meningkatkan kondisi sosial ekonomi anggotanyaLatar Belakang Timbulnya Aliran Koperasi

●    Keterkaitan Ideologi, Sistem Perekonomian dan Aliran Koperasi

·          Aliran Koperasia.

Keterkaitan Ideologi, Sistem Perekonomian dan Aliran KoperasiHubungan Ideologi, Sistem Perekonomian, dan Aliran Koperasi :Ideologi Sistem PerekonomianAliran KoperasiLiberalisme/KapitalismeSistem Ekonomi Bebas LiberalYardstickKomunisme / SosialismeSistem Ekonomi SosialisSosialis Tidak termasuk Liberalisme dan SosialismeSistem Ekonomi CampuranPersemakmuran (Commonwealth)

b.      Aliran Koperasi

·         Aliran Yardstick

·         Aliran Sosialis

●  Aliran Persemakmuran (Commonwealth)1)      Aliran Yardstick

•         Dijumpai pada negara-negara yang berideologi kapitalis atau yang menganut perekonomian Liberal.

•         Koperasi dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi, menetralisasikan dan mengoreksi.

●         Pemerintah tidak melakukan campur tangan terhadap jatuh bangunnya koperasi di tengah-tengah masyarakat. Maju tidaknya koperasi terletak di tangan anggota koperasi sendiri.

●         Pengaruh aliran ini sangat kuat, terutama dinegara-negara barat dimana industri berkembang dg pesat. Spt di AS, Perancis, Swedia, Denmark, Jerman, Belanda dll.

2)      Aliran Sosialis

●         Koperasi dipandang sebagai alat yang paling efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, disamping itu menyatukan rakyat lebih mudah melalui organisasi koperasi.

●         Pengaruh aliran ini banyak dijumpai di negara-negara Eropa Timur dan Rusia.3)      Aliran Persemakmuran (Commonwealth)

●        Koperasi sebagai alat yang efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.

●        Koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat berkedudukan strategis dan memegang peranan utama dalam struktur perekonomian masyarakat.

Hubungan Pemerintah dengan gerakan koperasi bersifat “Kemitraan (partnership)”, dimana pemerintah bertanggung jawab dan berupaya agar iklim pertumbuhan koperasi tercipta dengan baik.

 

menurut pendapat saya konsep koperasi dengan apa yang saya baca. Konsep koperasi di bagi  2 yaitu koperasi barat dan koperasi sosialis. Serta juga ada konsep koperasi negara berkembang  latar belakang timbulnya aliran koperasi berkaitan dengan ideologi, siatem perekonomian dan aliran koperasi.

 

sumber : http://uthiiputrii.blogspot.com/2013/01/konsep-dan-aliran-koperasi.html?m=1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s